DotA (Game Online)
Pengertian
Defense of the Ancients (atau disingkat DotA)
adalah sebuah custom map (peta buatan) untuk permainan komputer buatan Blizzard berjudulWarcraft III:Frozen Throne, yang dibuat
berdasarkan map "Aeon of Strife" dari permainan Blizzard
lainnya, StarCraft.
Tujuan utama permainan ini adalah untuk menghancurkan "Ancient"
musuh, sebuah struktur yang dijaga ketat di pojok kiri bawah atau kanan atas
(yang satu untuk sisi sendiri dan yang satu lagi untuk sisi musuh). Kedua sisi
yang bertarung adalah The Sentinel (pasukan penjaga) dan The
Scourge (pasukan pembinasa). The Sentinel menjaga Ancient bernama Tree
of the World (pohon dunia) di pojok kiri bawah, sedangkan The
Scourge menjaga Ancient bernama Frozen Throne (tahta
yang membeku) di pojok kanan atas.
Pemain dapat menggunakan tokoh kuat yang disebut
"hero" (pahlawan), dan dibantu oleh pahlawan sekutu dan anak
buah—petarung (creep) yang dikontrol oleh AI. Seperti dalam permainan
peran (RPG), pemain dapat meningkatkan level tokoh pahlawan
mereka dan menggunakan emas untuk membeli perlengkapan selama permainan.
Permainan ini dikembangkan dengan menggunakan World Editor dari permainan Warcraft III: Reign of Chaos, dan
diubah dengan dirilisnya The Frozen Throne. Terdapat berbagai konsep
dasar, dengan yang paling populer adalah DotA Allstars, yang diurus
oleh beberapa pembuat map selama pengembangan. Sejak dirilis, Allstars muncul
dalam beberapa turnamen dunia, termasuk BlizzCon Blizzard Entertainment dan World
Cyber Games Asia, dan juga liga Cyberathlete Amateur dan
CyberEvolution.
Pengembangan
Warcraft III adalah permainan ketiga dalam
serial Warcraft yang
dikembangkan oleh Blizzard Entertainment. Seperti Warcraft II,
Blizzard memasukan "world editor" yang memperbolehkan
pemain membuat skenario buatan (custom scenario) atau "map"
(peta) untuk permainan, yang dapat dimainkan online dengan pemain
lain melalui Local Area Network yang berkoneksi Virtual Private Network ataupun
melalui Battle.net. Skenario buatan tersebut dapat berupa
pembuatan/perubahan terrain, yang dapat dimainkan seperti
permainan Warcraft biasa, atau skenario yang baru dengan tujuan,
unit, barang dan peristiwa yang berbeda; Defense of the Ancients adalah
salah satunya. Permainan ini dibuat oleh pembuat map (mapmaker) yang bernama
Eul. Defense of the Ancients adalah skenario buatan yang berdasarkan skenario
dalam permainan StarCraft yang dikenal sebagai "Aeon of
Strife",dan lebih dikenal dari variasi DotA lainnya.. Setelah dirilisnya
versi ekspansi Warcraft III: The Frozen Throne yang menambah beberapa
fitur baru dalam World Editor, Eul tidak melanjutkan skenario
tersebut. Berbagai jenis DotA dibuat berdasarkan versi awal, tetapi
Allstars adalah versi yang menjadikan Defense of the Ancients populer; skenario
ini dikembangkan oleh pembuat map dengan nama Guinsoo. Setelah versi 6.x,
pembuat map lainnya dengan nama IceFrog mengambil alih pengembangan
skenario. IceFrog memperbaiki bug dan menambah fitur-fitur baru.
Setiap versi yang dirilis disertai denganchangelog. Permainan
ini mendapat dukungan kuat dari komunitas melalui forum resmi. Pengguna dapat
memasukan ide hero atau barang baru, beberapa akan ditambah kedalam
map.[7]Pemain
telah mengontribusikan ikon dan deskripsi hero serta membuat karya seni yang
ditampilkan ketika map sedang loading, dan usulan untuk perubahan hero
atau benda yang ada ditanggapi dengan serius; IceFrog pernah mengubah hero baru
dalam waktu kurang dari dua minggu setelah versi baru map dirilis.[8][9][10][11][12] Versi
skenario dimana hero musuh dijalankan oleh artificial
intelligences (AI) juga telah dirilis.
Permainan
Permainan ini terbagi menjadi 2 kelompok yang saling
bertempur, yaitu Sentinel dan Scourge. Pemain tim Sentinel
memiliki markas yang terletak di pojok kiri bawah, sementara pemain tim Scourge
berbasis di pojok kanan atas map. Masing-masing markas dilindungi
oleh tower (menara) dan gelombang unit-unit yang menjaga jalur menuju
markas mereka. Di pusat markas kedua tim, terdapat "Ancient", yaitu
sebuah bangunan yang harus dipertahankan oleh masing-masing tim. Bila Ancient
salah satu tim dihancurkan, maka tim itu dinyatakan kalah dan permainan berakhir.
Setiap pemain mengontrol unit yang disebut Hero, sebuah
unit kuat dengan berbagai kemampuan yang unik. Dalam Allstars, total Hero yang
dapat dipilih mencapai 108 Hero (untuk dota v 6.74c), dan masing-masing
memiliki kemampuan, taktik, kelebihan dan kekurangan yang unik dan berbeda satu
sama lainnya. Kerjasama tim adalah prioritas utama untuk membawa kemenangan;
satu pemain yang sendirian sulit untuk membawa tim menang.Meskipun demikian,
ada beberapa Hero yang—bila dimainkan dengan baik dan diberikan cukup banyak
waktu untuk meningkatkan level—dapat mengubah jalannya permainan secara
signifikan sendirian. Defense of the Ancients dapat dimainkan oleh sepuluh
pemain dalam bentuk lima lawan lima dan tambahan dua tempat untuk juri dan
pengamat.[2]
Karena permainan ini bergantung pada memperkuat hero
individual, tidak diperlukan manajemen sumber daya dan bangunan seperti dalam
permainan bergenre real-time strategy.Membunuh unit yang dikontrol
komputer memberikan pemain experience points;
jika experience cukup, pemain dapat mendapatkan level. Naik level
menambah ketangguhan hero dan besar damage yang dapat diberikan, dan
memperbolehkan pemain meningkatkan kemampuan mereka. Selain
mendapat experience, pemain juga mendapatkan sebuah sumber daya: emas.
Cara pengumpulan sumber daya dalam Warcraft III diganti dengan sistem
mendapatkan uang melalui membunuh musuh. Hero mendapatkan emas dengan membunuh
unit, bangunan dan hero musuh.Dengan menggunakan emas, pemain dapat membeli
barang untuk memperkuat hero mereka dan mendapatkan kemampuan. Beberapa barang
dapat digabungkan dengan resep untuk membuat barang yang lebih kuat. Membeli
barang yang cocok untuk suatu hero adalah taktik yang penting dalam permainan
ini.
Allstars menawarkan berbagai jenis permainan yang dapat
dipilih oleh host (pembuat) permainan pada awal permainan. Jenis
permainan menentukan tingkat kesulitan skenario. Jenis-jenis permainan dapat
digabungkan (misalnya, tingkat kesulitan mudah dan pemilihan hero yang acak),
sehingga menampilkan lebih banyak pilihan.
Popularitas
Beberapa orang sedang bermain DotA di sebuah warung
internet diIndonesia.
Popularitas Defense of the Ancients terus meningkat.
Permainan ini ditampilkan oleh Computer Gaming World dalam penilaian
map baru permainanWarcraft III, dan disebut "the ultimate RTS".[14] Allstars
menjadi skenario permainan yang penting dalam turnamen, saat setelah debut
kemunculannya di konvensi Blizzards BlizzCon tahun
2005. Allstars juga muncul dalam World
Cyber Games Malaysia dan Singapura dimulai
tahun 2005, dan World Cyber Games Asia dimulai dari 2006. DotA Allstars
kini juga masuk dalam liga Cyberathlete Amateur dan liga
CyberEvolution. Permainan ini juga muncul dalam Electronic Sports World Cup (ESWC)
2008; Oliver Paradis, manajer kompetisi ESWC, menyatakan bahwa tingkat
dukungan komunitas, dan juga pengakuan dunia, adalah alasan mengapa DotA
dipilih.
Skenario ini populer di berbagai belahan dunia; di Filipina dan Thailand,
jumlah pemain permainan ini sebanyak permainan Counter-Strike. Permainan
ini juga populer di Swedia dan negara-negara Eropa Utara lainnya, dimana lagu
yang terinspirasi dari permainan ini, "Vi sitter i Ventrilo och spelar
DotA" oleh musisi Swedia Basshunter,
mencapai puncak tangga lagu Eropa 2006 pada posisi #116 dan masuk kedalam
sepuluh besar tangga lagu di Swedia,Norwegia,
dan Finlandia. Turnamen LAN adalah bagian utama dari permainan ini
di seluruh dunia termasuk turnamen di Swedia dan Rusia; namun, karena
sedikitnya turnamen dan kejuaraan LAN di Amerika Utara, beberapa tim telah
membubarkan diri. Blizzard menunjuk DotA sebagai contoh apa yang dapat
dibuat oleh pembuat map yang berdedikasi menggunakan alat buatan pengembang.
Pada Juni 2008, Michael Walbridge, menulis untuk Gamasutra,
menyatakan bahwa DotA "adalah permainan mod yang paling terkenal,
didiskusikan secara bebas di dunia sebagai non-supported
game.". Dengan menunjuk pada komunitas DotA yang dibentuk, Walbridge
menyatakan bahwa DotA memperlihatkan permainan itu lebih mudah bagi komunitas
permainan untuk diurus, dan merupakan salah satu kekuatan terbesar map ini.
Defense of the Ancients juga memengaruhi permainan Demigod yang dikembangkan oleh Gas
Powered Games.
Kelebihan
Kelebihan DotA yang paling utama adalah, kombinasi yang
tidak terbatas antar item, hero dan skill. Tidak akan ada
babak yang sama, bahkan ketika dimainkan oleh orang yang sama. Hebatnya lagi
karena DotA hanyalah mods maka semua orang bisa memainkan DotA secara
gratis. Yang perlu kamu lakukan adalah mendowloadnya di www.getdota.com atau
mengambilnya di Battlenet. DotA memiliki sebuah portal yang
selalu terbuka bagi semua orang. Bahkan Icefrog mendengarkan pendapat langsung
tentang update, penyeimbangan dan konten baru untuk versi berikutnya.
Kekurangan
Kelemahan utama DotA datang
dari engine yang digunakan. Karena pada
dasarnya DotA adalah sebuah mods dari game lama, maka tidak
heran kalau grafis yang digunakan sangat ketinggalan jaman. Kamu tidak akan
mendapati efek physic, bloom light, mapping atau High Dynamic
Range (HDR). Boro-boro mau HDR, wong DirectX yang digunakan
saja masih versi 8.1
Kelemahan yang lain dari DotA adalah, distribusi dan kurangnya jaminan masa depan DotA karena semuanya masih bersifat perorangan. Saat ini memang Icefrog masih menggarap DotA, tetapi Icefrog sudah dikontrak oleh Valve untuk membuat game lain yang kemungkinan sejenis dengan DotA. Tentu dengan adanya "pekerjaan" lain, waktu yang dimiliki Icefrog untuk menggarap DotA akan berkurang atau mungkin hilang sama sekali bila kontrak dari Valve menyebutkan demikian. Hal tadi masih diperparah dengan adanya perpecahan Icefrog dengan Pendragon tersangkut dengan LOL (League of Legends) buatan Pendragon dan Guinsoo.
Kelemahan yang lain dari DotA adalah, distribusi dan kurangnya jaminan masa depan DotA karena semuanya masih bersifat perorangan. Saat ini memang Icefrog masih menggarap DotA, tetapi Icefrog sudah dikontrak oleh Valve untuk membuat game lain yang kemungkinan sejenis dengan DotA. Tentu dengan adanya "pekerjaan" lain, waktu yang dimiliki Icefrog untuk menggarap DotA akan berkurang atau mungkin hilang sama sekali bila kontrak dari Valve menyebutkan demikian. Hal tadi masih diperparah dengan adanya perpecahan Icefrog dengan Pendragon tersangkut dengan LOL (League of Legends) buatan Pendragon dan Guinsoo.
Kelemahan terakhir sekaligus paling fatal yang dimiliki
oleh DotA adalah, learning curve yang sangat panjang. Bila
kamu belum pernah main DotA sama sekali dan mencoba bermain bersama
dengan teman-temanmu yang sudah lebih lama bermain, hanya ada dua nasib yang
akan kamu hadapi. Nasib yang pertama adalah kamu menjadi sansak berjalan
ataufeeder. Di Indonesia orang juga sering menyebutnya "ATM"
karena musuh akan senantiasa mendatangimu untuk sekedar melakukan "tarik
tunai". Nasib yang kedua adalah kamu dibenci timmu sendiri karena
menjadi feeder bagi musuh. Selain itu efek snowball yang
terjadi bila kamu atau kawanmu menjadi feeder lawan, akan kerap
menghambat perkembanganheromu. Sekedar informasi tambahan, yang kami maksud
dengan efek snowball di sini adalah suatu hal kecil yang lambat laun
mempunyai dampak serius pada suatu peristiwa besar yang tengah berlangsung.
Lebih gamblangnya, jika seorang anggota tim terhambat perkembangannya di awal
permainan lambat laun hal ini akan mempengaruhi jalannya permainan secara
keseluruhan dan cenderung berujung pada situasi yang berat sebelah.
Daftar pustaka
Wikipedia.com
http://ahmad-destination.blogspot.com/2012/04/dota-allstars.html
http://www.anwarsidik.com/kelebihan-dan-kekurangan-facebook-timeline-yang-harus-kamu-tau/
http://alafif.blogdetik.com/2010/07/27/kelebihan-dan-kekurangan-facebook/
http://ilfen.blogspot.com/2012/11/pengertian-kelebihan-dan-kekurangan.html
http://ilfen.blogspot.com/2012/11/pengertian-kelebihan-dan-kekurangan.html
No comments:
Post a Comment